Friday, July 15, 2016

Karoseri NEGLASARI dan MiniBus BUS KOTA DKI JAKARTA

The Real Story About
Karoseri Neglasari and Minibus at Jakarta

Created by : Rama Bergawa Raja Dame



Neglasari, sebuah karoseri yang tekenal di dunia Bus Kota Jakarta era 2004 - 2007 , tepatnya dibagian minibus (Kopaja, MetroMini, dkk). beralamat di Jl. Cibuluh Kedunghalang KM 52 Bogor, (0251) 656588 - 656767 Fax. 311767 sempat mengubah wajah minibus di Jakarta. Awalnya karoseri ini merambah melalui KOPAJA dengan stiker "Baruara" atau "Panorama" yang menandakan bahwa pemiliknya adalah Big Boss Baruara, kemudian diikuti oleh bus metromini berstiker "HITE" yang pemiliknya tak lain adalah HITE Agency Regional, tak lama setelah itu karoseri neglasari ini naik daun dan munculah KOPAJA S 66 Blok M - Manggarai berstiker "HOSANA" yang menggunakan karoseri ini. Setelah ketiga pengguna karoseri neglasari muncul pengusaha minibus di Jakarta dengan julukan "Aladin". Dan pengusaha minibus di Jakarta yang menggunakan bus karoseri neglasari adalah "Makarona" di Kopaja 86. Khusus untuk Baruara, Hite, Hosana, dan Aladin menggunakan MITSUBISHI 100 PS keluaran tahun 2005 dengan direct injection dan belum menggunakan Turbo Intercooler. Itulah kelima pengusaha minibus di Jakarta yang terkenal yang membuat karoseri ini diminati banyak pengusaha minibus pada eranya. Berikut sedikit ulasan mengenai pengusaha - pengusaha yang menggunakan karoseri neglasari.



1. BARUARA



Sudah tidak asing lagi dengan kata - kata "BARUARA" dalam dunia Kopaja dan MetroMini. Bus - bus yang dimiliki oleh "BARUARA" ini tergolong bus anyar pada massanya. biasanya bus "BARUARA" menggunkan mesin Mitsubishi Colt Diesel 100 PS. Bus - bus ini termasuk kalangan artis di mata warga Jakarta yang setia menggunakan jasa Kopaja dan Metro Mini. Mengapa disebut artis ? Bus ini menggunakan stiker - stiker yang banyak, termasuk tulisan - tulisan yang terlihat narsis. Tidak lupa satu hal yang paling disukai crew minibus ini adalah Speaker. Hampir seluruh bus - bus milik "BARUARA" menggunakan speaker untuk menghilangkan kejenuhan disaat bekerja. Seiring berjalannya waktu banyak kecelakaan terjadi sehingga membuat Big Boss Baruara ini bangkrut dan menjual armadanya. seperti contohnya Kopaja S 608 jurusan Blok M - Tn Abang dengan stiker "Nan di Cinto" mengalami kecelakaan di taman barito sehingga armada 608 yang satu ini dijual kepada Mr Rudi, berikut foto - foto lama ketika masih berada di tangan "BARUARA" dan berpindah tangan ke Mr Rudi.


KOPAJA S 608 Blok M - Tn Abang
sewaktu kecelakaan di taman barito
(pemilik masih "BARUARA")



Ketika KOPAJA S 608 ini dibeli oleh Mr Rudi
berubah menjadi seperti ini





Akibat seringnya kecelakaan dan maintenance yang kurang baik, banyak amada - armada yang dijual, contohnya KOPAJA S 608 B 7490 DG (90 Baru) seperti dibawah ini

KOPAJA S 608 Blok M - Tn Abang
B 7490 DG (90 Baru)
sewaktu pemiliknya masih "BARUARA"
saat itu stkernya bertuliskan 
"RESTU OPPUNG"




Setelah KOPAJA S 608 Blok M - Tn Abang
dibeli oleh pengusaha lain






Ini adalah salah satu pengurus bus KOPAJA S 608 Blok M - Tn Abang


Dan saya adalah teman dari salah satu pengurus tersebut
(ini sekedar info saja)



Dan akhirnya Armada Boss "BARUARA" yang
beredar di jalanan Ibukota DKI Jakarta
adalah Metro Mini 640 "BARUARA"




2. HITE

HITE kata - kata ini tidak asing lagi bagi pengguna MetroMini S 71 Blok M - Bintaro, di zaman kejayaanya HITE, armada HITE terbagi di Metro Mini S 619 Blok M - Cinere (mati trayek) dan Metro Mini S 611 Blok M - Pd Pinang - Lb Bulus, pada akhirnya armada HITE disatukan di trayek Metro Mini S 71 Blok M - Bintaro.



3. ALADIN

Sedikit informasi yang diketahui mengenai pengusaha minibus ALADIN, yang diketahui adalah pengusaha bus ALADIN hampir setiap Lebaran armadanya pulang kampung ke Padang Sidempuan . Berikut beberapa dokumentasi mengenai ALADIN









4. HOSANA

Sedikit informasi yang diketahui mengenai armda HOSANA. Pastinya, armada HOSANA hanya ada di trayek KOPAJA S 66 Blok M - Manggarai 



5. MAKARONA

Pengusaha minibus "MAKARONA" membeli 2 unit minibus karoseri neglasari yang ditugaskan di trayek Kopaja B86 Lb Bulus - Kb Lama - Kota (mulai tahun 2015 pagi berangkat dari term Lb Bulus, setelah itu seharian tidak ada yang masuk term Lb Bulus, dan pukul 21.00 baru masuk lagi ke term Lb Bulus) mempelopori minibus sebagai BUS KOTA DKI Jakarta yang menggunakan chassis MITSUBISHI FUSO Canter 125 PS yang sudah menggunakan Turbo Intercooler diakhir tahun 2007 dengan buntut nomor 76 dan 77 bahkan lampunya pun menggunakan lampu Canter 125 PS.


Begitulah akhir cerita antara Minibus BUS KOTA DKI Jakarta dengan Karoseri NEGLASARI, sebagai penutup saya akan memberikan satu buah foto KOPAJA 605 Blok M - Ps Rebo - Kp Rambutan yang merupakan hasil dari Karoseri Neglasari, terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.








No comments:

Post a Comment